INTERNALISASI FILOSOFI TRILOGI PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PEMAHAMAN PRODUCT KNOWLEDGE SYARIAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan nilai-nilai filosofis trilogi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam membangkitkan kesadaran akan arti pentingnya product knowledge sebagai salah satu aspek non-material dalam perbankan syariah. Metode penelitian yang digunakan untuk internalisasi pemahaman nilai-nilai keIslaman dalam berbisnis yaitu trilogi pendidikan Ki Hadjar Dewantara (Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa,Tut Wuri Handayani). Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi dapat diterapkan sebagai salah satu tujuan untuk memberikan kesadaran dan perubahan terhadap nilai nilai bisnis keuangan Islam yang semula dipersamakan dengan bisnis keuangan konvensional.
Downloads
References
Ascarya. 2006. Akad dan Produk Bank Syariah: Konsep dan Praktik di Beberapa Negara. Bank Indonesia. Agustus 2006. Jakarta.
Capra, M., Umer. 2000. Islam and Economic Challenge. Ikhwan Abidin Basri (penerjemah). Islam dan Tantangan Ekonomi. Gema Insani Press. Jakarta.
Creswell, J. W. 2012. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mix Methods Approaches Third Edition. Achmad Fawaid (penerjemah). Reseach Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Dewantara, Ki Hajar. 1967. Bagian IIA : Kabudajaan. Diterbitkan oleh Madjelis-Luhur Persatuan Taman Siswa. Ditjetak oleh Pertjetakan Taman Siswa. Jogjakarta.
Dewantara, Ki Hajar. 1977. Bagian I : Pendidikan. Cetakan kedua. Diterbitkan oleh Madjelis-Luhur Persatuan Taman Siswa. Jogjakarta.
Ekasari, K. 2012. [Re]Konstruksi Pendidikan Akuntansi di Tingkat Pendidikan Vokasi, Melalui Epistimologi 3ling. Disertasi tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Brawijaya.
Fontaine, Rodrigue. 2008. Problem Solving: an Islamic Management Approach. Cross Cultural Management: An International Journal. Vol. 15, No. 3, hlm 264-
274.
Gait, A. and A. Worthington. 2008. An Empirical Survey of Individual Consumer, Business Firm and Financial Institution Attitudes Towards Islamic Methods of Finance. International Journal of Social Economics. Vol. 35, No. 11, hlm 783-808.
Jonsson, Sten. 2010. Interventionism – an approach for the future?. Qualitative Research in Accounting and Management. Vol. 7, No. 1 hlm 124-134.
Kamayanti, Ari. 2012. Cinta: Tindakan Berkesadaran Akuntan (Pendekatan Dialogis dalam Pendidikan Akuntansi). Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XV Banjarmasin, 20-23 September.
Kamayanti, A., Gugus I., Aulia Fuad R. 2011. Dramaturgical Interventionism Approach in Accounting Education Research. The 6th Qualitative Research Convention Malaysia, 13-15 November.
Khobir, Abdul. 2010. Islam dan Kapitalisme. Jurnal Religia. Vol. 13, No. 2. hlm 225-238
Ki Suratman. 1990. Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara dan Penerapan Sistem Among, MLPTS. Yogyakarta.
Mackey, John. 2007. Conscious Capitalism: Creating a New Paradigm for Business. CEO, Whole Foods Market, co-founder, FLOW.
Magnis, F., dan Suseno. 1992. Filsafat sebagai Ilmu Kritis. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
Saifullah, Muhammad. 2011. Etika Bisnis Islami dalam Praktek Bisnis Rasulullah. IAIN Walisongo Semarang, Vol. 19, No. 1
Shonhadji, Nanang. 2013. Hegemoni “IFRS” pada Praktik Akuntansi Perbankan di Indonesia, Tinjauan Pemikiran Kritis Gramsci. Makalah I Disertasi Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) The Author(s)