TINJAUAN KEUANGAN DAN NONKEUANGAN PEMBELAJARAN DARING

Main Article Content

Sirajudin
Nurul Mukhlisah
Lea Emilia Farida

Abstract





Penelitian ini bertujuan menggali fenomena pembelajaran daring pada mahasiswa D3 Akuntansi Poliban dalam tinjauan perspektif keuangan dan nonkeuangan. Teknik analisis yang digunakan adalah mentranskripsi hasil korespondensi dengan informan, dilanjutkan dengan mendeskripsikan atau menarasikan semua analisis kontekstual atas tinjauan keuangan dan nonkeuangan selama pembelajaran daring. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadi penghematan pengeluaran informan selama pembelajaran daring dari perspektif keuangan, namun dari perspektif nonkeuangan para informan sebagai makhluk sosial kehilangan interaksi langsung, seperti berkumpul dengan sesama kolega, lingkungan kampus beserta civitas akademika lainnya. 


 


Abstract: Online Learning Financial and non-Financial Overview. This study aims to explore the phenomenon of online learning among D3 Poliban Accounting students in a financial and non-financial perspective review. The analysis technique used is transcribing the results of correspondence with informants, followed by describing or narrating all contextual analyzes of financial and non-financial reviews during online learning. The results of the study revealed that there was savings in informants' expenditure during online learning from a financial perspective, but from a non-financial perspective, informants as social beings lost direct interactions, such as gathering with colleagues, the campus environment and other academics.


.   





Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sirajudin, Nurul Mukhlisah, & Lea Emilia Farida. (2021). TINJAUAN KEUANGAN DAN NONKEUANGAN PEMBELAJARAN DARING . Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi Islam, 6(1), 15-22. https://doi.org/10.34202/imanensi.6.1.2021.15-22
Section
Articles

References

Allo, M. D. (2020). Is the online learning good in the midst of Covid-19 Pandemic? The case of EFL learners. Jurnal Sinestesia, 10(1), 1-10.
Daniel, J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1), 91-96.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
Handarini, O. I. dan S. S. Wulandari (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) . Vol. 8(3), 496-503.
Laili, Nurul (2020). Aspek Psikologi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Dengan Capaian Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Vokasi. Jurnal Ilmiah Pamenang. 2(2), 7-17.
Lassoued, Z., Alhendawi, M., & Bashitialshaaer, R. (2020). An exploratory study of the obstacles for achieving quality in distance learning during the COVID-19 pandemic. Education Sciences, 10(9), 232.
Mulawarman, W. G. (2020). Persoalan Dosen dan Mahasiswa Masa Pandemik Covid 19: Dari Gagap Teknologi Hingga Mengeluh Boros Paket Data. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas. 1, 37-46.
Mulyasa (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya
Novita, D., & Hutasuhut, A. R. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Medan: Unimed.
Reigeluth, Charles M., Moore, Julie. (1999) Cognitive education and the cognitive domain. Instructional-design theories and models: A new paradigm of instructional theory, (2), 51-68
Sujarwo, S., Sukmawati, S., Akhiruddin, A., Ridwan, R., & Siradjuddin, S. S. S. (2020). An Analysis of University Students’ Perspective on Online Learning in the Midst of Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53(2), 125-137.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.
Tahir, G. (2015). Sinergitas Ilmu Dan Adab Dalam Perspektif Islam. Jurnal Adabiyah, 15(1), 18-29.
Tambak, S. (2017). Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 1-17.
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.