APAKAH FLEXIBLE PROCESS WORKFLOW BERPERAN MENENTUKAN NILAI PUBLIK?

  • Alviony Intania Universitas Jambi
  • Sri Rahayu Universitas Jambi
  • Ratih Kusumastuti Universitas Jambi
Keywords: Capability level of actors; E-Government; Improve situation; Kapabilitas; Partisipasi.

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh tingkat improve situation, capability level of actors, dan flexible process workflow terhadap nilai publik. Regresi linier berganda dipergunakan sebagai metode, dengan responden terpilih adalah masyarakat yang pernah melakukan pengurusan izin dan memanfaatkan e-government di Kota Sungai Penuh. Hasil penelitian membuktikan nilai publik dari proyek e-government dipengaruhi oleh improve situation dan capability level of actors. flexible process workflow tidak dapat mempengaruhi nilai publik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa partisipasi masyarakat dibutuhkan proyek e-government. Partisipasi ini bukan hanya dalam penggunaan tetapi sebaiknya juga pada tahap perencanaan dan pengembangan.

 

Abstract

This study examines the effect of improve situation, capability level of actors, and flexible process workflow on public value. Multiple linear regression was used as a method, with the selected respondents being people who had done permit processing and used e-government in Sungai Penuh City. The results of the study prove that the public value of e-government projects is influenced by the improve situation and capability level of actors. flexible process workflow cannot affect public values. The results of this study found that community participation is required for e-government projects. This participation is not only in use but preferably also at the planning and development stages.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arafat, Y. (2016). Fleksibilitas Sistem Informasi dari Perspektif Pengguna dan Pengembang Sistem Informasi. Jurnal ELKHA, Vol. 8, No. 1.

Broucker B, Wit K. D. & Verhoeven J.C. (2018) Higher education for public value: taking the debate beyond New Public Management, Higher Education Research & Development, 37:2, 227-240, DOI: 10.1080/07294360.2017.1370441

Chuang, Liu & Chen, 2015, The Effects of Human Resource Capability and Internal Customer Satisfaction on Organizational Effectiveness, International Journal of Distributed Sensor Networks, July 7, https://doi.org/10.1155/2015/835194

Gupta, G. J & Suri, P, (2017). Measuring Public Value of E-Governance Project in India : citizens' perspektive. Transforming Goverment : People, Process and Policy, 11(2), 236-261.

Habibullah, A. (2010). Kajian Pemanfaatan dan Pengembangan E-Govermment. Jurnal Masyarakat,Kebudayaan dan Politik 23(c), 187-195.

Heryana T & Dewi S. K, 2013, Pengaruh Penerapan e-Government terhadap Pelaksanaan Tata Kelola Pemerintah di Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 1, 1, 38-49

Hertati, L. (2015) Competence of Human Resources, The Benefits of Information Tehnologi on Value of Financial Reporting in Indonesia, Research Journal of Finance and Accounting. Vol 6., No. 8.

Kota Sungai Penuh, (2019). Survei Kepuasan Masyarakat Semester 2, Tahun 2019, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kota Sungai Penuh: http://dpmptsptk.sungaipenuhkota.go.id/pages/detail_berita.php?id=13

Langenre, S, S., 2017, Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi Manajemen Daerah, Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah (Studi pada SKPD Kabupaten Buol), Jurnal Katalogis, Vol 5, 8, 97-107

Mellouli M, Bouaziz F. & Bentahar O (2020): E-government success assessment from a public value perspective, International Review of Public Administration, DOI: 10.1080/12294659.2020.1799517

Moore, M. H. (1995). Creating public value. Strategic management in government. Cambridge:Harvard University Press.

Muhaimina. (2018). Public Value (Nilai Publik) dari inovasi Layanan Pengaduan Darurat Commad Center 112 Surabaya. Jurnal Penelitian FISIP. Universitas Airlangga, 5.

Nur. F. & Khair, H. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi Manajemen dan Keterampilan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kominfo Labuhanbatu Utara, Jurnal Humaniora, Vol. 5 No. 1 April.

O’Flynn J, 2007, From New Public Management to Public Value, Paradigmatic Change and Managerial Implication, Australian Journal of Public Administration, Vol 66, Issue 3, 353-366

Pratama, M. H. (2015). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Strategi UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Tandes Kota Surabaya dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor). Kebijakan dan Manajemen Publik 3(3).

Pratiwi, C. S. (2018). Implementasi E-Goverment pada Situs Web Pemerintah Menuju Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Open Goverment di Provinsi Jamvi. Jurnal Khazanah Intelektual 2(1), 109-126.

Putra, R., Oryza, A, Rahma, R.W & Berlina Y.P, (2018), Evaluasi Perkembangan Dan Transparansi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah di Indonesia, Artikel dipublikasikan pada seminar nasional teknologi informasi dan komunikasi Tahun 2018, Yogyakarta 23-24 Maret 2018

Rahayu, S., Yudi & Rahayu, (2018), How to Improve Accountability of Fixed Asset of Local Government? Jurnal Persepektif dan Pembiayaan Daerah, Vol 6 No. 2, September-October.

Rahichandran, T, (2005). Effect of Information Systems Resources and Capabilities on Firm Performance: A Resource-Based Perspective, Journal of Management Information Systems 21(4):237-276

Reichert. M, & Weber, B, (2012), Enabling Flexibility in Process-Aware Infromation System: Challenges, Methods, Technology, Springer-Verlag, Berlin Heidelberg.

Rudana, Nyoman. (2008). Effect of Local Government Officials Competence and Interpersonal Communication on the quality of public services in the Office of the Gianyar regency. Http://dacribd.com/docs/28dbzlnf xglfihje5rei.pdf)

Sari, A. D & Winarno A, (2012), Implementasi e-Government System dalam Upaya Peningkatan Clean dan Good Governance di Indonesia, JEAM, Vol 11, No. 1

Sekaran, U, (2006), Research Method for Business (Metodologi Penelitian untuk Bisnis), Buku 2, Edisi 4, Salemba Empat, Jakarta

Soni V, Prasanta Kumar Dey, Rashmi Anand, Charru Malhotra, Devinder Kumar Banwet, (2017) Digitizing grey portions of e-governance", Transforming Government: People, Process and Policy, Vol. 11 Issue: 3, pp.419-455, https://doi.org/10.1108/TG-11-2016-0076

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sofyani, H., & Dwirama, V. (2018). Determinants financial and-non-financial information disclosure in Indonesian local government. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia.

Widowati, D. P. (2018, 08 23). survei-pbb-2018-peringkat-e-government-indonesia. Dipetik 06 22, 2020, dari bpptik.kominfo.go.id: https://bpptik.kominfo.go.id/2018/08/23/5938/survei-pbb-2018-peringkat-e-government-indonesia/

Published
2021-09-10
How to Cite
Alviony Intania, Rahayu, S., & Ratih Kusumastuti. (2021). APAKAH FLEXIBLE PROCESS WORKFLOW BERPERAN MENENTUKAN NILAI PUBLIK?. Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi Islam, 6(2), 77-88. https://doi.org/10.34202/imanensi.6.2.2021.77-88