ISLAMIC SOCIAL REPORTING DAN ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI PENENTU NILAI PERUSAHAAN

  • Heni Febriyanti Politeknik Negeri Malang
  • Ari Kamayanti Politeknik Negeri Malang
  • Nur Indah Riwajanti Politeknik Negeri Malang
Keywords: IslamicCorporateGovernance, Islamic Social Reporting, KinerjaKeuangan, Nilai Perusahaan

Abstract

This study aimed to examine the impact of Islamic Social Reporting and Islamic Corporate Governance disclosures on company’s value through financial performance. This study was quantitative method with explanatory approach. The result of this study indicated that Islamic Social Reporting and Islamic Corporate Governance had a significant effect on financial performance. However, Islamic Social Reporting and Islamic Corporate Governance had insignificant effects on company’s value. The financial performance had a significant positive effect on company’s value and may not be an intermediary for the effects of Islamic Social Reporting and Islamic Corporate Governance on company’s value.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Islamic Social Reporting dan Islamic Corporate Governance terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan explanatory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic Social Reporting dan Islamic Corporate Governance berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Sedangkan Islamic Social Reporting dan Islamic Corporate Governance berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kinerja keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan tidak dapat memediasi pengaruh antara Islamic Social Reporting dan Islamic Corporate Governance pada nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, M. T., Mubarok, M. S., & Sholihah, R. A. (2020). Implementasi Islamic Social Reporting Index Sebagai Indikator Akuntabilitas Sosial Bank Syariah. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 1–25. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i1.3813

Ananda, C. Z., & NR, E. (2020). Pengaruh Islamic Corporate Governance Dan Islamic Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perbankan Syariah. Jurnal Eksplorasi Akuntasi, 2(1), 2065–2082.

Ardiyanto, T., & Haryanto, H. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Accounting, 6(4), 1–15.

Asrori. (2014). Implementasi Islamic Corporate Governance dan Implikasinya Terhadap Kinerja Bank Syariah. Jurnal Dinamika Akuntansi, 6(1), 90–102.

Dianawati, C. P., & Fuadati, S. R. (2016). Pengaruh CSR Dan GCG Terhadap Nilai Perusahaan: Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–20.

Effendi, V. N. (2020). Pengaruh csr disclosure dan gcg terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening di perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia (2012-2014). Jurnal Bisnis Dan Teknologi, 12(1), 45–54.

Ibrahim, R. H., & Muthohar, A. M. (2019). Pengaruh Komisaris Independen dan Indeks Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(01), 9–20.

Imaniah, N. (2018). Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Pada Bursa Efek Indonesia). Tesis Universitas islam Negeri Syarif Hidayatullah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Junusi, R. El. (2012). Implementasi Syariah Governance Serta Implikasinya Terhadap Reputasi dan Kepercayaan Bank Syariah. Al-Tahrir, 12(1), 91–115.

Kamla, R. (2009a). Critical insights into contemporary Islamic accounting. Critical Perspectives on Accounting, 20(8), 921–932. https://doi.org/10.1016/j.cpa.2009.01.002

Kamla, R. (2009b). Critical Perspectives on Accounting Critical insights into contemporary Islamic accounting, 20, 921–932. https://doi.org/10.1016/j.cpa.2009.01.002

Kamla, R. (2015). Critical Muslim intellectuals’ thought: Possible contributions to the development of emancipatory accounting thought. Critical Perspectives on Accounting, 31, 64–74. https://doi.org/10.1016/j.cpa.2015.01.014

Khasanah, I. D., & Sucipto, A. (2020). Pengaruh corporate social responbility (csr) dan good corporate governance (gcg) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 17(1), 14–28.

Mardiani, L., Yadiati, W., & Jaenudin, E. (2019). Islamic Corporate Governance Dan Kinerja Keuangan Unit Usaha Syariah (UUS) Periode 2013-2017. Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK), 6(2), 128. https://doi.org/10.30656/jak.v6i2.1411

Nasution, A. A. (2018). Pengaruh Shariah Compliance, IslamicCorporate Governance dan IslamicSocial Reporting Terhadap KinerjaKeuangan dengan Ukuran Perusahaansebagai Moderating pada Bank Syariah. Universitas Sumatera Utara.

Niswatin, Triyuwono, I., Nurkholis, & Kamayanti, A. (2014). Islamic Values of Islamic Bank Underlying Performance Assessment. Research Journal of Finance and Accounting, 5(24), 106–114.

Nugroho, M. A. S. N. (2015). Urgensi Penerapan Islamic Corporate Governance Di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Kajian Bisnis STIE Widya Wiwaha, 23(1), 64–70. https://doi.org/10.32477/jkb.v23i1.204

Nursyarifah, H. O. (2017). Pengaruh DPK, FDR, dan ISR Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Indonesia Tahun 2010-2015.

Patmawati. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(2089–6018), 48–58.

Ratih, S., & Setyarini, Y. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance (Gcg) Dan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variable Intervening Pada Perusahaan Pertambangan Yang Go Public Di Bei. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 5(2), 115. https://doi.org/10.26740/jaj.v5n2.p115-132

Retnaningsih, S., Hariyanti, W., & Astuti, T. P. (2019). Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Tahun 2012-2016. AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 2(2), 169. https://doi.org/10.21043/aktsar.v2i2.5850

Setiawan, I., Swandari, F., & Dewi, D. M. (2018). Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (Isr) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Moderating. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 6(2), 168–186. https://doi.org/10.20527/jwm.v6i2.150

Setiawati, L. W., & Lim, M. (2018). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Pengungkapan Sosial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Akuntansi, 12(1), 29–57. https://doi.org/10.25170/jara.v12i1.57

Suryani, C., & Handajani, L. (2020). Factors Affecting The Value Of Companies With Profitability As Intervening Variables. E-JURNAL AKUNTANSI, 30(7), 1857–1871.

tirto.id. (2020). Perbankan Dikuasai Konvensional, RI Perlu Bank Syariah Skala Besar.

Utami, R., & Yusniar, M. W. (2020). Pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (Icsr) Dan Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening). EL Muhasaba Jurnal Akuntansi, 11(2), 162–176. https://doi.org/10.18860/em.v11i2.8922

Wahyuni, S., Pujiharto, & Rahayu, D. R. (2020). Islamic corporate governance index and Islamic social reporting disclosure index for enhancing firm value: An empirical study of Islamic banking in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(1), 511–520.

Wibowo, S., Yokhebed, & Tampubolon, L. D. (2016). Pengaruh csr disclosure dan gcg terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening di perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia (2012-2014). In Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank (Sendi_U) KE-2 (pp. 926–935).

Yadiat, W., Gustani, & Amrania, G. (2017). The effect of Islamic Corporate Governance (ICG) and Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) disclosures on market discipline with financial performance used as intervening variables (Empirical Study on Shariah based Banks Operating in QISMUT Count. International Journal of Applied Business and Economic Research, 15(24), 119–141.

Published
2022-03-07
How to Cite
Febriyanti, H., Kamayanti, A., & Riwajanti, N. I. (2022). ISLAMIC SOCIAL REPORTING DAN ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI PENENTU NILAI PERUSAHAAN. Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi Islam, 7(1), 1-12. https://doi.org/10.34202/imanensi.7.1.2022.1-12