Mengintai akuntansi dari balik topeng malang
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengintai makna akuntansi dari balik tari topeng Malangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metafora tontonan, tuntunan dan tatanan tari topeng. Hasil Penelitian menunjukkan tontonan dalam akuntansi dapat dilihat oleh penggunanya melalui laporan keuangan. Kondisi ini bisa dikaitkan dengan Neraca yang tampak pada keseimbangan debet dan kredit. Tatanan penyajian laporan keuangan juga memuat aturan yang harus diikuti dan ditaati berdasarkan standar akuntansi yang berlaku umum seperti standar akuntansi keuangan (SAK) dan SAK_ETAP. Laporan keuangan harus pula mengandung tata nilai atau norma yang merupakan tuntunan dan diperlukan dalam menyusun laporan keuangan.
Abstract
The aim of the study was to stalk the accounting meaning from behind the Malangan mask dance. This research is a qualitative research using spectacle metaphor, guidance and order in mask dance. Research Results show the spectacle in accounting can be seen by users through financial statements. This condition can be corrected with a balance sheet that appears on the debit and credit balance. The order of presentation of financial statements also announces rules that must be followed and adhered to based on generally accepted accounting standards such as financial accounting standards (SAK) and SAK_ETAP. Financial statements must also contain a value or norm that completes and needs to complete financial statements.
Downloads
References
Baudrillard, Jean. (1983). Simulation. New York: Semiotext(e).
Budiman, K. (1999). Kosa Semiotika (Cetakan 1 ed.). Yogyakarta.
Deegan, C. (2006). Financial Accounting Theory (2 ed.). Australia: Mc. Graw-Hill Australia Pty. Ltd.
Healy, P. (1985). The Impact of Bonus Schemes on The Selection of Accounting Principles. Journal of Accounting and Economics, 7, 85-107.
Healy, P. M., & K, Palepu. (1990). The Effectiveness Of Accounting-Based Dividend Covenant. Journal of Accounting and Economics, 2(1), 52-76.
Heggerman, R. L., & Zmijewski, M. Y. (1979). Some Economic Determinants of Accounting Policy Choice. Journal of Accounting and Economics, 12, 146-161.
Hidajat, Robby. (2005). Struktur, Simbol, dan Makna Wayang Topeng Malang. Bahasa dan Seni, 33( 2), 270-282.
Hofstede, Geert, Hofstede, Gert Jan, & Minkov, Michael. (2010). Culture and Organization. Software of the Mind Intercultural Cooperation and Its Importance for Survival
Ismiyanti, F., & Hanafi, M. (2004). Struktur Kepemilikan, Risiko, dan Kebijakan Keuangan: Analisis Persamaan Simultan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis indonesia, 19 (2 ), 176-196.
Jason (Producer). (2003, 11 Mei 2014). Mengenal Tari Topeng Malang. Retrieved from http://topengmalangofmalang.blogspot.com/
Jensen, Michael C., & Meckling, William H. (1976). Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure Journal of Financial Economics 3(4), 305-360.
Ludigdo, Unti (2005). Pemahaman Strukturasi atas Praktik Etika di Sebuah Kantor Akuntan Publik. (Ph.D), Universitas Brawijaya., Malang.
Macintosh, Norman B. (2003). From Rationality to Hyperreality: Paradigm Poker. International Review of Financial Analysis, 12, 453-456.
Minarto, Soerjo Wido. (2008). Struktur Simbolik Tari Topeng Patih Pada Pertunjukan Dramatari Wayang Topeng Malang Di Dusun Kedungmonggo Desa Karangpandan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. (S-2), Universitas Negeri Semarang.
Mukhlasin. (2002). Analisis Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan dan Pengaruhnya terhadap Earning Price Ratio. Paper presented at the Simposium Nasional Akuntansi V, Semarang.
Mukhlasin. (2004). Analisis Kebijakan AKuntansi dan Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Auditing dan Keuangan Balance, 1(2), 1-22.
Niehaus, G. R. (1989). Ownership Structure and Inventory Method Choice. The Accounting Review, 269-284.
Piliang, Yasraf Amir. (1999). Sebuah Dunia yang Dilipat; Realitas Kebudayaan Menjelang Milenium Ketiga dan Matinya Posmodernisme. Bandung: Mizan.
Pilliang, Yasraf Amir. (2003). Hiper Semiotika: Tafsir Kultural Studies atas Matinya Makna. Bandung: Jala Sutra.
Putri, I Gusti Ayu Made Asri Dwija. (2011). Dampak Good Corporate Governance dan Budaya Organisasi pada Pengaruh Kebijakan Dividen terhadap Manajemen Laba serta Konsekuensinya pada Nilai Perusahaan. (S3), Universitas Brawijaya, Malang.
Ricoeur, P. (2006). Hermenetika Ilmu Sosial (Muhammad Syukri, Trans. cetakan 1 ed.). Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Riduwan, Akhmad, Triyuwono, Iwan, Irianto, Gugus, & Ludigdo, Unti. (2009). Semiotika Laba Akuntansi: Studi Kritikal – Posmodernis Derridean. Paper presented at the Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XII, Samarinda.
Ritzer, George, & Goodman, Douglas J. (2012). Teori Sosiolog; Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Posmodern. Bantul: Kreasi Wacana Offset.
Robbin, W. A., Turpin, R., & Polinski, P. (1993). Economic Incentives and Accounting Choice Strategy by Nonprofit Hospitals. Financial Accountability and Management., 9(3), 159-175.
Rsm. (2013). Kunjungan Wisatawan Asing Naik 300 % Retrieved 21 May, 2014, from http://www.memoarema.com/24600/kunjungan-wisatawan-asing-naik-300.html
Spradley, J.P. (1997). Metode Ethnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sukoharsono, Eko Ganis, & Halim, Abdul. (2005). Dialektika Kritis Laporan Keuangan atas Representasi Kinerja Perusahaan (Studi Pada Industri Food and Beverages yang Go Public di Bursa Efek Jakarta: PART 1). Jurusan Akuntansi. Universitas Brawijaya. Malang.
Sutopo, H.B. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Warren, Carl S., Reeve, James M., & Duchac, Jonathan E. (2012). Accounting 21e ( 21 ed.). Singapore: Rob Deway.
Watts, R. L., & Zimmerman, J. L. (1978). Toward A Positive Theory of the Determination of Accounting Standards. The Accounting Review, 53, 112-134.
Zuhri, Syaifuddin. (2009). Transformasi Belajar Sosial dalam Pertunjukan Seni Tari Topeng Malang Sanggar Asmorobangun. (S-1), Unversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) The Author(s)