ANALISIS KEEFEKTIFAN INFLUENCER DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ASURANSI JIWA SYARIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektifitas influencer dalam meningkatkan penjualan produk asuransi jiwa di Tanjungbalai. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan studi kasus yang berfokus pada pengguna tiktok dan Instagram. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif berupa studi kasus. Objek penelitian ini dilakukan di PT. Allianz, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi lewat influencer di tiktok dapat menarik perhatian calon nasabah untuk membeli asuransi dan bekerja sama dengan PT. Allianz dengan selalu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Pendekatan yang digunakan oleh PT. Allianz terbukti berhasil dalam mengintegrasikan nilai-nilai kemanusiaan dan dukungan sosial yang konsisten, serta fokus pada kepuasan dan kepercayaan nasabah dalam berbagai jenis asuransi yang ditawarkan. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa kajian evaluatif tentang efektivitas influencer dalam mempengaruhi keputusan berasuransi dan hubungan pelanggan sebagai pengembangan kebijakan pemasaran yang lebih terintegrasi.
Downloads
References
Azizah, S. (2023). Pengaruh Konten Media Sosial Instagram Eat Sambel Terhadap Loyalitas Konsumen (Survei Pada Followers Instagram @eatsambel). Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Advertising Skripsi. https://repository.umj.ac.id/
Bogdan Dan Taylor. 1975. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya
Bungin, M. Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Los Angeles, Ca: Sage Publications.
Elwardah, K., & Ilham, M. (2021). Underwriting Pada Asuransi Jiwa Syariah Dalam Perspektif Maqashid Syariah (Konsep, Teori, Dan Pendekatan Studi Kasus) (M. Yarmunida (Ed.); 1st Ed.). Yayasan Barcode. http://repository.iainbengkulu.ac.id/
Ernawati, E. (2020). Strategi Pemasaran Produk Asuransi Syariah Pada Pt. Prudential Life Assurance Cabang Kota Yogyakarta. Adl Islamic Economic : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1(2), 99–112. https://doi.org/10.56644/adl.v1i2.14
Fatmawati, N. (2021). Pengaruh Positif Dan Negatif Media Sosial Terhadap Masyarakat. Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Https://Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id/Kpknl-Semarang/Baca-Artikel/14366/Pengaruh-Positif-Dan-Negatif-Media-Sosial-Terhadap-Masyarakat.Html
Fauzi, W. (2019). Hukum Asuransi. http://repo.unand.ac.id/37110/4/Buku Hukum Asuransi.pdf
Febrianto, M. R., Et Al. (2019). The Impact Of Social Media Influencers On Purchase Intention And The Mediating Role Of Customer Attitude: A Study Of Asuransi Astra. Journal Of Accounting And Marketing, 8(2), 291
Hanindharputri, M. A., & Putra, I. K. A. M. (2019). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand (The Role of Influencer in Strategies to Increase Promotion of a Brand). Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain., 1(29), 335–343. http://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/73
Lona, S. S., Perseveranda, M. E., & Manafe, H. A. (2023). Analisis Ekonomis, Efisiensi dan Efektivitas Anggaran Pendapatan dan Belanja. Owner, 7(1), 879–889. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1486
Marliyah, Dharma, B., & Syarbaini, A. M. B. (2023). The Maturity Of Risk Management In Indonesian Islamic Universities. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 16(2), 117-125. Doi: 10.23969/Jrbm.V16i2.7296
Maharani, A., Suryaman, P., Badriyah, I., & RS, R. B. (2023). Pengaruh Sosial Media Influencer dalam Perkembangan Bisnis Makanan Online. Artikel Fakultas Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia, 1–15
Muhammad Zaki, R. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Manajemen Dan Inovasi (MANOVA) Volume 1 Nomor 2, 1(2), 14–23. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.350
Monica, A., Syafin, L., & Dharma, B. (2024). Efektifitas Pemasaran Asuransi Syariah Dengan Media Sosial (Studi Kasus Pt. Prudential Syariah Binjai). Jekpend Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 7(1), 37–45. Https://Doi.Org/10.26858/Jekpend.V7i1.8011
Panca, G., Graha, P. H., Turgarini, D., & Ningsih, C. (2022). Peran Influencer Marketing dalam Meningkatkan Travel Intention. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 1–6. https://doi.org/10.47492/jih.v11i1.1667
Romdonny, J., Rosmadi, M. L. N., & Halim, J. K. A. (2018). Peran Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. 1(2). Siregar, M., & Syahriza, R. (2023). Analisis Minat Masyarakat Memiliki Asuransi Syariah (Studi Kasus Kabupaten Padang Lawas Kecamatan Aek Nabara).
Rachmaniar, R., & Syahrin, A. (2020). "Exploring The Impact Of Social Media Influencers On Brand Image And Purchase Intention: Evidence From Indonesian Millennial Consumers In The Health Insurance Industry." Journal Of Business And Retail Management Research, 14(4), 210-218.
Ramadhani, S., & Aisyah, S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Asuransi Melalui Bancassurance : Studi Pada BRI Insurance Wilayah Medan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(1), 1367–1452.
Rahmawati, F. D., & Nefianto, T. (2023). Analisis Fashion Influencer Berkontribusi Dalam Purchase Intention Konsumen Tiktokshop. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Bisnis, 1(4), 132–151. https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i4.425
Salsabila, A., & Sampurna, D. S. (2020). Analisis Pengaruh Social Media, Word of Mouth, dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Lovesick Coffee Bekasi). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–19. http://repository.stei.ac.id/
Suparnoh, S., Andrea Permana, Taim, & Ari Santoso. (2021). Peran Lama Usaha dalam Memoderasi Pengaruh Kapabilitas Komunikasi Sosial Media Terhadap Kinerja Pemasaran. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(1), 79–90. https://doi.org/10.37366/master.v1i1.159
Sumenge, A. S. (2013). Analisis Efektifitas Dan Efisiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Minahasa Selatan. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1(3) 75-81 https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1941
Seran, R. B., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Jurnal Mirai Management Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211. https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4054
Syahrizal, A., & Setiawawan, H. (N.D.). Strategi Pemasaran Tabungan Wadi’ah Simpatik Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kuala Tungkal.
Kerin, S. M., Musadad A., (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Di Kota Cirebon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17) https://doi.org/10.5281/zenodo.708064
Tamara, N. (2022). Peran Dan Strategi Pemasaran Agen Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Pada Pt. Prudential Life Assurance Cabang Binjai (Agency Prusyariah Prestasi Agency). Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2) https://doi.org/10.30651/jms.v7i2.11114
Valentika, N., Zenabia, T., Muslim, M., Rosini, N. I., & Nining, N. (2020). Implementasi Sosial Media Marketing Dalam Meningkatkan Jaringan Pasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm), 1(01), 68. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6907
Yusrizal, Y., & Lubis, F. A. (2020). Potensi Asuransi Syariah Di Sumatera Utara. Human Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(2). https://doi.org/10.30829/hf.v7i2.8851.
Walandouw, S., Tinangon, J., & Dien, A. (2019). Analisis Laporan Realisasi Anggaran Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Bitung. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 534–541. https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.7245
Wardah, F., & Albari. (2023). Analisis Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan JavaMifi. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 188–205. https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/30137
Copyright (c) 2024 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) The Author(s)